Sabtu, 07 September 2013

Memulai Kembali

Hai blog! Ah, sudah lama tidak menulis apapun. Padahal kehidupan gue sangat menarik tetapi entah kenapa baru sekarang ada keinginan buat menulis mengetik lagi.

Gue jadi ingat masa-masa dimana gue ngeblog hanya sekedar untuk mengisi waktu, curhat, atau ketika ada tugas dari dosen. Dan sekarang - disaat gue lagi sangat burnt out dan butuh pelampiasan untuk melepaskan lelah - gue teringat untuk membuat postingan blog lagi.

Omong-omong tentang blog, beberapa hari yang lalu temen gue, Adam, datang ke rumah setelah perjalanan yang menyenangkan selama kurang lebih 10 hari di daerah karimun jawa. Petualangan bersama homoan sahabatnya memang menarik untuk disimak. Dia pun juga mendapatkan banyak pelajaran kehidupan selama perjalanan. Dan juga dia banyak sekali bercerita tempat makan yang enak dan murah, yang mana membuat gue iri karena pasti pembaca lebih tahu bagaimana kita harus menelusuri jakarta sampai ke pelosok-pelosoknya untuk menemukan makanan yang enak, murah, dan mantap.

Dia berjanji untuk membuat blog untuk menceritakan hal itu. Satu hal yang sulit baginya, adalah memulai untuk membuat sebuah postingan. Walaupun sebenarnya gue sudah menjelaskan bahwa membuat blog post semudah membuat esai. Menulis esai itu mudah asalkan kita menguasai materi apa yang mau kita tulis. Menurut gue, sama halnya dengan blog, selama kita tau apa yang mau diceritakan.

Memang sulit untuk memulai sesuatu. Butuh sebuah kemauan yang kuat untuk memulai sesuatu dan berkomitmen. Tetapi menurut gue, ada hal yang lebih sulit dibandingkan dengan memulai sesuatu. Yaitu memulai kembali.

Sebelumnya, mari berkhayal. 




Bayangkan ketika kita membuat ini dan hampir berhasil. Kemudian karena kesalahan kecil atau kecelakaan, apa yang kita buat ini hancur berkeping-keping dan kita harus mulai dari awal lagi.

Mungkin sepele kali yah kalo hanya sekedar menyusun kartu saja. Tapi kalo misalnya kehidupan? Karir yang hancur, bisnis yang rugi, atau bahkan cinta yang dikhianati?

Memulai kembali sesuatu setelah gagal membutuhkan keberanian dan optimisme yang besar. Tidak mudah bagi seseorang untuk memulai kembali setelah seluruh usahanya hancur dan kembali ke titik awal dia bermula.

Tidak mudah bagi seseorang untuk memulai karir baru, setelah betapa banyak dan cemerlangnya karya dia di karir sebelumnya.

Tidak mudah bagi seseorang untuk memulai kembali bisnis, setelah betapa banyak asetnya yang sudah berputar dan bangkut menghilang.

Tidak mudah bagi seseorang untuk memulai cinta kembali, setelah betapa banyak perasaan yang dibangun terhadap pasangannya dan dikhianati begitu saja.

Memang tidak mudah, tapi mungkin dilakukan. Banyak orang-orang yang memulai kembali dan akhirnya sukses di kehidupannya. Mereka belajar dari kesalahan kemudian memulai kembali dengan cara yang baru.

Ketika seseorang bisa memulai sesuatu, dia hebat. Tetapi seseorang yang bisa memulai kembali, adalah orang yang luar biasa.

Dan bagaimana caranya untuk memulai kembali? Jawabannya adalah motto dari sebuah merk sepatu yang terkenal:

Just Do It!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar